Comfort 🌸 | Sustainable 🌏 | Healthy ✅ | We Ship Worldwide 💜
Pembalut Bambu Perfect Fit vs Pembalut Organik: Mana yang Lebih Baik?

Pembalut Bambu Perfect Fit vs Pembalut Organik: Mana yang Lebih Baik?

Semakin kesini, semakin banyak perempuan ingin beralih ke produk organik dan ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan alternatif, dan dua pilihan paling populer adalah pembalut organik yang terbuat dari katun (cotton) dan pembalut bambu organik dan biodegradable dari Perfect Fit. Tapi apa sih bedanya? Yuk kita bahas.

Lapisan Atas Perfect Fit Terbuat Dari Bambu Organik vs Pembalut Lain Dari Katun

Lapisan atas pembalut Perfect Fit terbuat dari serat bambu organik yang sudah tersertifikasi. Sedangkan, lapisan atas pembalut lain dipasaran mayoritasnya terbuat dari katun (cotton) sintetis dan mengandung banyak klorin. Perbedaan pembalut organik dan tidak organik ada proses penanaman tumbuhan/bahan baku tersebut. Pembalut organik menggunakan bahan baku yang bebas pestisida.

Lalu, mengapa Perfect Fit memilih menggunakan bambu? Bambu adalah salah satu tanaman yang tidak hanya mempunyai serat yang sangat lembut dan tetap juga sangat ramah lingkungan. Hal ini karena bambu tumbuh sangat cepat tanpa butuh banyak air, pupuk, dan pestisida. Hal ini menjadikan bambu jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan penanaman cotton dan jagung.

Lapisan Penyerap Perfect Fit Terbuat 100% serat kayu vs Pembalut Lain dari Superabsorbent Polymers (SAP) atau Lapisan Gel yang Tidak Ramah Lingkungan

Kamu tahu gak mengapa banyak pembalut di pasaran tidak dapat didaur ulang? Salah satu alasannya adalah lapisan penyerap nya, yang terbuat dari Superabsorbent Polymers (SAP). SAP adalah manik-manik/gel buatan kecil yang dirancang untuk menyerap cairan hingga 300 kali beratnya. Umumnya terdiri dari natrium poliakrilat, zat sintetis yang sama sekali tidak pernah terurai, artinya ia akan hidup di tempat pembuangan sampah selamanya.

(Sumber: https://wearemooncup.com/)

Ketika bahan kimia ini dilepaskan ke dalam tanah atau air, dapat membahayakan tanaman, hewan, dan manusia. Karena polimer superabsorben dirancang untuk menyerap cairan, hal ini berarti polimer superabsorben juga dapat mencegah air mencapai akar tanaman atau sumber air alami. Hal ini dapat menimbulkan dampak yang sangat negatif terhadap ekosistem dan ketersediaan air. Jadi, jika produk pembalut organik kamu masih mengandung gel SAP, berarti kamu adalah korban greenwashing - karena SAP tidak ramah lingkungan. 

"Karena polimer superabsorben dirancang untuk menyerap cairan, hal ini berarti polimer superabsorben juga dapat mencegah air mencapai akar tanaman atau sumber air alami. Hal ini dapat menimbulkan dampak yang sangat negatif terhadap ekosistem dan ketersediaan air."

Hal ini yang membuat kami memilih 100% serat kayu sebagai lapisan penyerap pembalut bambu Perfect Fit. Lapisan penyerap Perfect Fit tidak akan berubah menjadi gel/manik-manik kecil ketika menyerap cairan menstruasi. Hal ini membuatnya lebih baik untuk tubuh dan juga lingkungan. Selain itu, karena tidak mengandung gel, pembalut bambu Perfect Fit juga mudah dibersihkan sehabis pakai dan dibuang setelahnya - karena dapat terurai di lingkungan. 

Lapisan Pembungkus dari Bio-Plastik vs Plastik Biasa Yang Butuh 500 Tahun untuk Terurai

Selain gel (SAP) yang biasanya terdapat pada pembalut konvensional, bagian pembungkus pembalut di pasaran biasanya juga terbuat dari plastik sekali pakai yang butuh 500-800 tahun untuk terurai di alam. Saat mengetahui hal tersebut, Perfect Fit mencoba mencari alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan alternatif plastik, yaitu Polylactic acid (PLA)

Terbuat dari jagung, Polylactic acid (PLA) merupakan pengganti plastik yang terbuat dari pati jagung yang difermentasi. Corn-based PLA akan terurai dalam waktu tiga bulan dalam “lingkungan pengomposan yang terkendali, dibandingkan dengan plastik biasa.” Namun, jika dibuang ke tempat pembuangan biasa, maka daya urai nya akan lebih lama.

Perfect Fit tahu bahwa di Indonesia, sistem pembuangan sampah belum terlalu memadai, sehingga banyak dari sampah akan berakhir di tempat pembuangan. Oleh karena itu, kami akan terus berusaha mencari alternatif pembungkus yang lebih baik dari corn-based PLA. Atau jika teman-teman ingin opsi yang paling baik untuk bumi adalah memilih produk reusable (pakai ulang) yang tidak menghasilkan sampah sekali contohnya seperti pembalut kain (reusable pads) dan celana menstruasi (period underwear).

Kesimpulan:

  1. Pembalut Perfect Fit menggunakan serat bambu organik untuk lapisan atasnya, versus pembalut lain yang menggunakan serat cotton. Dibandingkan dengan cotton, bambu lebih ramah lingkungan dan lembut di kulit.
  2. Pembalut Perfect Fit tidak menggunakan gel (superabsorbent polymer) yang dapat membahayakan tubuh dan lingkungan. Bahan penyerap kami 100% terbuat dari serat kayu.
  3. Pembungkus pembalut Perfect Fit menggunakan corn-based PLA, yang dapat terurai lebih cepat dibandingkan plastik sekali pakai pada umumnya. Jika kamu ingin opsi mengurangi sampah per bulan, tentu bisa pilih produk reusable Perfect Fit juga ya.

Get the comfort you deserve, because you deserve the best, period. Available on our website, Shopee, and Tokopedia. Shop Now!

0 comments

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published