two models wearing a black period underwear while dipping their feet into the pool

By Tungga Dewi

Simak 5 informasi dasar yang wajib kamu ketahui tentang menstruasi

Hey friends, dibawah ini adalah 5 informasi dasar yang sangat penting untuk kita ketahui mengenai menstruasi

1. Menstruasi adalah proses alamiah yang dialami oleh hampir semua perempuan pada usia reproduktif (15-49 tahun). Menstruasi pertama kali disebut dengan menarche, sedangkan fase berhentinya menstruasi pada usia pasca reproduktif disebut menopause (48-55 tahun).

2. Selama usia reproduktif, perempuan berada pada masa subur dan sudah memungkinkan untuk mengalami kehamilan. Namun, perempuan yang sudah memasuki masa subur belum berarti telah siap secara fisik maupun emosional untuk hamil dan membesarkan anak, ataupun menikah.

3. Ketika seorang perempuan di usia reproduktif tidak mengalami proses pembuahan dan kehamilan, maka darah dan material lain pada dinding rahim yang siap untuk proses pembuahan setiap bulannya akan luruh melalui vagina. Inilah yang disebut sebagai menstruasi.

4. Masa menstruasi biasanya terjadi sekitar lima hari setiap bulannya, namun ada juga yang hanya dua hari atau bahkan lebih dari tujuh hari, sehingga durasi menstruasi cukup bervariasi. Pada masa menstruasi ini, biasanya darah keluar sebanyak 2-6 sendok makan atau sekitar 10-80 ml per hari.

5. Kondisi dan gejala menstruasi pada setiap perempuan berbeda-beda. Konsultasi pada petugas kesehatan diperlukan ketika terjadi perubahan pada siklus menstruasi dan fasenya, seperti misalnya menstruasi yang terlalu lama atau terlalu sering, darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, rasa sakit yang tidak biasa, atau adanya bercak darah yang sering disebut dengan ‘flek’ di tengah siklus menstruasi. Agar dapat mengetahui atau mendeteksi perubahan yang terjadi, sangat penting bagi setiap perempuan untuk memperhatikan serta mencatat siklus menstruasinya.

Simak informasi lebih lanjut mengenai PROSES MENSTRUASI melalui video dibawah ini 😀 #RevolusiMenstruasi

0 comments

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published