Berhubungan seksual saat menstruasi, memang bisa?

By Riesa Putri

Berhubungan seksual saat menstruasi, memang bisa?

Berbicara mengenai menstruasi, banyak pertanyaan yang sering muncul dalam diri kita sendiri atau saat berdiskusi bersama orang terdekat. Yang paling sering ditanyakan dan cukup tabu dibicarakan adalah apakah bisa melakukan berhubungan seksual saat menstruasi?

Jawaban singkatnya adalah ya!. Berhubungan seksual saat menstruasi bisa dilakukan, dengan catatan masih adanya resiko infeksi seksual menular dan kehamilan.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat mempertimbangkan hubungan seksual saat menstruasi agar pengalaman berhubungan yang didapat senyaman mungkin. Yuk, kita bahas beberapa hal yang perlu diketahui tentang berhubungan seks saat menstruasi!


Apakah aman berhubungan seksual saat menstruasi?

Melakukan hubungan seksual saat menstruasi adalah hal yang aman secara medis, dengan catatan adanya persetujuan (consent) dari kedua pasangan dan perasaan nyaman untuk melakukannya. Namun, yang perlu dicatat adalah resiko infeksi menular seksual (IMS) saat berhubungan seks tanpa pengaman tetap ada, termasuk saat menstruasi.Sehingga, sangat disarankan untuk tetap menggunakan alat kontrasepsi, seperti kondom untuk mencegah penularan IMS.  Jadi, penting untuk memastikan kesehatan seksual dan reproduksi pasangan!


Bisakah hamil jika berhubungan seksual saat mens?

Yap, resiko kehamilan tetap ada apabila pasangan melakukan hubungan seksual saat menstruasi tanpa menggunakan kontrasepsi, walaupun sangat kecil. Hal ini dikarenakan beberapa orang memiliki siklus menstruasi yang sangat pendek (kurang dari 20 hari), sehingga periode masa suburnya langsung dimulai ketika menstruasi selesai, dan sperma dapat bertahan selama 3-5 hari setelah ejakulasi didalam. Namun, jika siklus menstruasi-mu berada di rentang 28-38 hari, maka kemungkinan kehamilan akan sangat kecil karena periode masa subur akan berada di rentang hari 12-17. Jika kamu dan pasangan belum merencanakan kehamilan, kami rekomen untuk tetap menggunakan alat kontrasepsi ya, supaya tetap aman!


Apa resiko dari berhubungan seksual saat menstruasi?

Ada dua resiko infeksi yang mungkin muncul dari aktivitas seksual saat menstruasi dengan pasangan baru (yang belum di tes riwayat penyakit seksualnya), yaitu: 1) penyakit menular seksual dan 2) infeksi jamur dan bakterial pada vaginal.

    Walaupun infeksi jamur juga bisa muncul tanpa adanya aktivitas seksual, perempuan memiliki resiko lebih tinggi terkena infeksi ini karena perubahan hormonal saat menstruasi. 

    Infeksi jamur juga dapat menyebar ke penis dan menyebabkan balanitis, yaitu pembengkakan pada kulup atau kepala penis yang dapat menimbulkan rasa sakit.

    Beberapa contoh penyakit menular seksual: 

    1. ​​Sifilis
    2. Gonore
    3. Human papillomavirus (HPV)
    4. HIV
    5. Chlamydia
    6. Trikomoniasis
    7. Hepatitis B dan C
    8. Herpes genital
    9. Lymphogranuloma venereum (LGV)
    10. Granuloma inguinale

    Satu-satunya cara pencegahan terhadap penyakit menular seksual adalah menggunakan alat pengaman seperti kondom. Tindakan perlindungan ini tidak menjamin seseorang terbebas dari infeksi, tetapi dapat jauh mengurangi resiko jika digunakan dengan tepat.


    Hal yang perlu diperhatikan jika berhubungan seks saat mens

    1. Konsen (persetujuan)

    Berhubungan seksual dalam hal apapun harus dengan persetujuan kedua pasangan. Penting untuk kedua pasangan merasa nyaman dalam melakukan hubungan seksual saat menstruasi. Jika salah satu dari pasangan sedang tidak ingin berhubungan, pasangan harus menghormati dan menerima keputusan tersebut. Pemaksaan untuk melakukan hubungan seksual walaupun sudah berpasangan adalah bentuk kekerasan.

    2. Kebersihan 

    Berhubungan seks saat mens terkadang bisa terasa messy, sehingga penting untuk untuk menjaga kebersihan sebelum dan sesudah berhubungan seks. Beberapa contoh yang bisa dilakukan adalah dengan melindungi permukaan dengan handuk, buang air kecil setelahnya, dan membersihkan diri.

    3. Gunakan kondom

    Seperti yang sudah dibahas pada resiko infeksi, penyakit menular seksual, kondom merupakan cara pencegahan penularan yang cukup efektif. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan kondom ketika berhubungan seksual saat menstruasi.


    Hal-hal berkaitan dengan hubungan seksual saat menstruasi juga bisa kamu tonton di video singkat di channel YouTube Perfect Fit!

    Jika ada pertanyaan mengenai kesehatan seksual atau ingin mencegah kehamilan, silahkan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan ya!

    Tanggal 4 September adalah Hari Kesehatan Seksual Sedunia, mari kita rayakan dengan menormalisasi pembicaran mengenai kesehatan seksual kepada pasangan, teman, orang terdekat, dan petugas kesehatan!

    0 comments

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published