Tips Kurangi Nyeri Menstruasi dengan Konsumsi Makanan Ini

By Riesa Putri

Tips Kurangi Nyeri Menstruasi dengan Konsumsi Makanan Ini

Asupan nutrisi sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh terhadap kesehatan dan well being kita sehari-hari. Apalagi saat menstruasi, otot rahim mengalami kontraksi dan tubuh kehilangan darah, maka makanan dan minuman yang masuk sangat berperan untuk menjaga kondisi tubuh. Perempuan biasanya mengalami nyeri saat menstruasi seperti kram perut, pusing, mual bahkan diare.

Did you know kalau kamu bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit dengan mengubah pola makan yang lebih sehat? Perfect Fit punya video menarik tentang rekomendasi jenis makanan yang bisa kamu konsumsi saat menstruasi, berikut penjelasannya ya: 

  • Sayur hijau seperti kubis, seledri, brokoli 

Saat menstruasi, tubuh  kekurangan zat besi yang menyebabkan mudah lelah dan terlihat pucat. Maka, kita butuh asupan makanan yang banyak mengandung zat besi bisa agar tidak lemas . Sumber zat besi sangat banyak kita dapatkan dari sayuran hijau seperti kubis, seledri dan brokoli.

 

Brokoli adalah salah satu sayur hijau yang juga memiliki kalsium yang dibutuhkan dalam keseharian. Kekurangan kalsium, dapat menyebabkan tubuh perempuan kram  berlebihan dan hormon yang tidak seimbang. Jadi, makanlah banyak sayur hijau untuk mengurangi nyeri yang kamu rasakan ya.

  • Buah-buahan seperti alpukat, apel, strawberry, nanas, pisang

Alpukat merupakan contoh buah yang kaya Vitamin E yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini sangat bermanfaat jika dikonsumsi saat menstruasi, sehingga dapat meringankan gejala menstruasi yang dirasakan. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat vitamin B6 untuk meningkatkan metabolisme tubuh, pisang atau jeruk menjadi sumber yang sangat baik.

Beberapa macam buah-buahan lain seperti strawberry, mengandung serat dan air yang  dapat mencegah sembelit dan kram perut. Kadar air dalam tubuh sangat penting karena saat menstruasi, kita kehilangan banyak cairan. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari ya.

  • Kacang-kacangan (lentils, chickpeas, kacang polong, kacang mede, kacang almond)

Kacang-kacangan merupakan sumber magnesium penting yang berguna untuk melegakan otot, serta mencegah nyeri menstruasi. Tetapi, hati-hati juga agar tidak kelebihan magnesium, karena dapat menyebabkan efek pencahar. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan omega 3, yang sangat berguna untuk me mencegah peradangan.

  • Telur

Kita membutuhkan sumber energi dari makanan untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu sumber energi yang bernilai tinggi adalah makanan yang mengandung protein. Telur merupakan sumber protein yang baik dan dapat juga dikonsumsi dengan mudah untuk dimasak.

  • Daging merah dan ikan

Selain telur, daging merah dan ikan juga menjadi makanan yang kaya proteinJika kamu mengonsumsi protein yang cukup, kamu akan memiliki energi  cukup yang it dapat membantu kamu menjadi lebih bertenaga saat menstruasi. Daging dan ikan juga kaya akan omega 3 yang dapat mencegah peradangan, lho!

Ternyata, makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita saat menstruasi. Jadi, pentingn untuk kita menjaga asupan nutrisi sehari-hari dan menyeimbangi kebutuhan dalam tubuh. Saat menstruasi, dianjurkan juga untuk menghindari:

  • makanan yang terlalu asin, karena dapat mengurangi kandungan air dalam tubuh;
  • makanan yang tinggi gula & karbohidrat karena bisa menyebabkan perut kembung;
  • makanan siap saji seperti burger, hot dog, kentang goreng, fried chicken, donat.

    Selain makanan yang kita konsumsi, ada faktor lainnya yang mempengaruhi kondisi tubuh kita, salah satunya adalah olahraga. Sehingga, kami anjurkan untuk pahami siklus menstruasimu dan mulai mempelajari apa yang terjadi pada tubuh kita saat mengkonsumsi makanan tertentu atau melakukan olahraga tertentu.

    Ingin lebih nyaman saat menstruasi tanpa gatal dan iritasi? Cobain period underwear dari Perfect Fit dan rasakan perbedaannya!

    0 comments

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published